Strategi dalam Bermain Gaple

deusdoceu.com – Dalam awal permainan gaple, setiap pemain akan dibagikan 7 buah kartu domino yang berbeda secara acak. Bila saat itu kamu mendapatkan sekitar 5 kartu dengan angka yang sama maka kamu memiliki peluang menang yang tinggi.

Contoh 5 kartu dengan salah satunya sisinya memiliki angka 1 sebagai berikut (1|0), (1|2), (1|5) dan (1|6). Sebab bila kamu memiliki 5 kartu berangka 1 di salah satu sisinya, kartu yang berangka 1 hanya tersisa 2 lagi. Jadi ketika angka 1 keluar, pemain lain akan cenderung melakukan pass sebab kartu tersebut sebagian besar berada di tangan mu.

Namun usahakan untuk tidak menutup kartu yang memiliki angka tersebut di meja dengan kartu kita sendiri. Sebaliknya bila kamu dapat menutup kartu dengan ujung berangka 1 maka langsunglah melakukannya. Usahakan agar setiap kartu yang ada di meja berujung 1. Hal ini agar lawan mu tidak dapat membuang kartu dan hanya dapat melakukan pass.

Pada contoh diatas, kartu di meja memiliki ujung 5 dan 1. Bila posisi mu memegang banyak kartu dengan angka 1 maka jangan menutup dengan angka 1. Namun usahakan agar ujungnya terus berangka 1. Ingatlah baik baik cara ini, sebab ini merupakan salah satu cara pintar main gaple yang sangat efektif.

Bila kartu yang kamu dapatkan tidak seperti contoh diatas atau kurang bagus maka prioritaskan untuk membuang kartu besar dan balak. Hal ini karena bila terjadi gapleh maka kamu otomatis kalah jika masih memegang kartu kartu besar. Terutama bila kamu memiliki balak 0, 5 atau 6, kamu wajib membuang kartu tersebut terlebih dahulu. Sebab selain memiliki nilai yang besar, kartu balak juga akan sulit untuk dibuang.

Meski akan sulit untuk memenangkan permainan bila kartu mu kurang bagus, namun kamu tetap memiliki kesempatan pada gapleh. Bila kamu membuang semua kartu besar dan balak serta hanya memiliki kartu kecil, kesempatan untuk memenangkan permainan lebih besar. Sebab seperti yang sudah ditulis pada cara main gaple diatas, saat gapleh pemain dengan angka kartu terkecil yang menang. Namun jika tidak memungkinkan untuk terjadinya gapleh maka kamu harus teliti dalam memilih kartu untuk dibuang.

Sudah dikatakan diatas kalau memegang kartu balak 0, 5 dan 6 akan sangat beresiko. Bila kamu memegang kartu tersebut maka cepat cepatlah buang. Sedangkan bila kamu tidak memegangnya maka matikanlah kartu tersebut. Mematikan kartu berarti membuat kartu tersebut tidak bisa dibuang lagi, sehingga akan terus dipegang sampai gapleh. Sebab bila balak 0, 5 dan 6 mati maka pemain yang memegang kartu tersebut sudah akan otomatis kalah. Dengan menyingkirkan pesaing lain tentu akan membuat mu semakin mudah untuk menang.

Untuk membunuh kartu balak kamu harus mentutup kartu yang ingin dibunuh. Contoh bila kamu ingin membunuh balak 5 maka usahakan agar kartu di meja tidak berujung 5. Atau kamu juga dapat langsung mentutup kartu yang berujung 5 dengna kartu lain. Hal ini agar pemain lain tidak memiliki kesempatan untuk mengeluarkan balak 5. Meski teknik bermain gaple yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan namun kamu tetap harus mencobanya. Sebab kartu balak 0, 5 dan 6 memiliki dampak yang sangat besar diakhir permainan. Alasan mengapa sulit untuk membunuh kartu lawan adalah karena untuk melakukannya harus ada kerja sama dengan pemain lain. Contoh bila kamu terus menutup angka 6 namun pemain lain membuang kartu yang berujung 6 maka usaha mu sia sia.